Rekapitulasi Pengukuruan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Inspektorat Daerah Kota Bogor Tahun 2024


Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk mengukur keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik. Nilai IKM diperoleh dari hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dalam pelaksanaannya berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Pelaksanaan SKM pada Inspektorat Daerah Kota Bogor Kota Bogor dilaksanakan secara langsung pada 36 (tiga puluh enam) Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Bogor dengan menggunakan metode kuesioner SKM. Kuesioner sebagaimana dimaksud memuat 12 (dua belas) pertanyaan terkait dengan 9 (sembilan) unsur pelayanan yang menjadi Indikator Kepuasan Masyarakat, hasil pengolahan data kuisioner SKM Tahun 2024 pada Inspektorat Daerah Kota Bogor menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik pada Inspektorat Daerah Kota Bogor Kota Bogor adalah sangat baik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Indeks Kepuasan Masyarakat setelah dikonversi adalah sebesar 89,111. Unsur pelayanan yang memiliki nilai rata-rata tertinggi dengan mutu pelayanan “sangat baik” terdapat pada unsur Waktu Penyelesaian dengan Nilai Interval Konversi sebesar 92,20. Nilai rata rata mutu pelayanan “sangat baik” juga terdapat pada unsur Produk Spesifikasi Jenis Layanan dengan Nilai Interval Konversi sebesar 89,90, unsur Kompetensi Pelaksana dengan Nilai Interval Konversi sebesar 89,74, unsur Persyaratan dengan Nilai Interval Konversi sebesar 89,26, unsur Sistem, Mekanisme, dan Prosedur dengan Nilai Interval Konversi sebesar 89,08, unsur Biaya/Tarif dengan Nilai Interval Konversi sebesar 89,00. Adapun unsur pelayanan dengan nilai rata-rata “baik” terdapat pada unsur Sarana Prasarana dengan Nilai Interval Konversi sebesar 87,82, unsur Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan dengan Nilai Interval Konversi sebesar 87,61 dan unsur Perilaku Pelaksana dengan Nilai Interval Konversi sebesar 87,39. Apabila dilihat dari keseluruhan Nilai Interval Konversi, Unsur Perilaku Pelaksana memiliki nilai terendah, hal tersebut perlu dijadikan rekomendasi tindak lanjut dalam membangun kualitas pelayanan Inspektorat Daerah Kota Bogor Kota Bogor berikutnya.

Kuesioner Survei Kepuasan


Scan Barcode diatas untuk bisa mengisi kuesioner survei kepuasan terhadap Inspketorat Daerah Kota Bogor

Survei Kepuasan
Inspektorat Daerah Kota Bogor


Link